Fikih,  Tazkiyah

Ketika Qurban, Rasulullah Makan Bagian Hati Dulu

Dalam qurban yang sunnah, bukan nadzar, selain dibagikan juga afdhal bagi kita untuk ikut memakannya. Dan dianjurkan untuk memakan hati terlebih dahulu.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa 

ketika Rasulullah SAW kembali (dari shalat Eid), beliau memakan hati hewan qurbannya.

Dari sisi hikmah, hati teksturnya lunak dan mudah diolah, sehingga bisa cepat disajikan dan dimakan, karena ini hari raya, setelah sebelumnya disunnahkan berpuasa hingga selesai shalat ied adha.

Dari sisi yang lebih penting, bahwa hidangan pertama yang Allah sajikan spesial untuk penduduk surga adalah bagian paling nikmat, hati, tepatnya hati ikan.

أن عبد الله بن سلام سأل النبي صلى الله عليه وسلم 

أول قدومه المدينة أسئلة منها: ما أول شيء يأكله أهل الجنة ؟

 فقال: زيادة كبد الحوت.

Abdullah bin Salam bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di awal kedatangannya di Madinah, “Apa yang pertama kali yang dimakan oleh penduduk surga ?” Beliau menjawab, “Hati ikan.” (Shahih Bukhari)

عن ثوبان أن يهوديا سأل الرسول صلى الله عليه وسلم قال: 

فما تحفتهم حين يدخلون الجنة ؟ قال: زيادة كبد الحوت.

dari Tsauban, “Ada seorang Yahudi bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apa yang diberikan kepada mereka ketika mereka masuk surga ?” Rasulullah bersabda, “Hati ikan.”

قال: فما غذاؤهم على إثرها ؟ قال: ينحر لهم ثور الجنة 

الذي يأكل من أطرافها.

Ia bertanya lagi, “Apa menu mereka selanjutnya?” Beliau menjawab, “Disembelihkan untuk mereka sapi surga yang mereka makan dari ujung-ujungnya.”

قال: فما شرابهم عليه ؟ قال: من عين تسمى سلسبلا، قال: صدقت.

Ia bertanya lagi, “Apa minuman mereka?” Beliau menjawab, “(Minuman mereka diambil dari) mata air salsabila.” Lalu ia mengatakan, “Engkau benar.”

(Shahih Muslim).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, ziyadatul kibdi adalah potongan tersendiri yang ada di hati. Dan itu yang paling enak.

Sebagian ulama’ mengungkapkan hikmah pemilihan sekerat hati ikan, bahwa itu sebagai isyarat akhir kehidupan dunia fana, menuju surga yang kekal. Karena ikan termasuk unsur utama kehidupan di bumi. Namun hanya Allah yang paling tahu hikmah nan tinggi dari semua yang dikabarkanNya.

Maka dulu syaikh Nawawi Al Bantani pernah menganjurkan memakan hati untuk santapan hidangan pertama di hari raya qurban,

وحكمة ندب أكل الكبد التفؤل بدخول الجنة لأنه 

أول ما يقع به إكرام الله تعالى لأهل الجنة

“Hikmah anjuran memakan hati hewan kurban adalah harapan (tafa’ul) masuk surga karena hati adalah hidangan pertama bagi ahli surga sebagai bentuk penghargaan Allah kepada mereka. …”

Hikmah lainnya, bahwa ternyata hati banyak manfaatnya ketika dimakan dalam kadar yang tidak berlebihan, karena memiliki banyak nutrisi, vitamin ABDEK, mengandung protein, zinc, dan selenium. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *