Aqidah,  Tazkiyah

Antara Shalat & Melihat Allah

Sebuah faedah mendalam dari Syaikh Abdurrazaq Al Badr dalam ta’dzimus Shalat, bahwa kenikmatan terbesar penghuni surga ketika masuk ke dalamnya adalah kenikmatan melihat Rabbnya. Dan ternyata, nikmat ini sangat berkaitan dengan shalat.

Dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda ketika beliau melihat bulan purnama bersama para sahabat:

“Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan purnama ini, tak susah payah melihatnya. Jika kalian bisa agar tidak sampai kalah untuk mengerjakan shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum tenggelamnya, maka lakukanlah” Yaitu shalat Subuh & shalat Ashar.

Kemudian sahabat Jarir bin Abdillah yang meriwayatkan hadits ini membaca ayat:

(وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ قَبۡلَ طُلُوعِ ٱلشَّمۡسِ وَقَبۡلَ غُرُوبِهَا)

“dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum matahari terbit, dan sebelum terbenam”

(QS. TaHa 130)

Terdapat beberapa pelajaran dari hadits ini. Pertama, Ibnu Rajab al Hambali berkata, “Ada yang mengatakan hubungan antara menjaga 2 shalat ini dengan menyebut melihat Allah adalah : bahwa sesuatu yang terbaik di surga adalah melihat wajah Allah dan amalan yang paling mulia di dunia adalah dua shalat ini. Maka menjaga keduanya berpotensi besar untuk masuk ke dalam surga dan melihat Allah di dalamnya.

Kedua, bahwa melihat wajah Allah di hari kiamat tak bisa didapatkan dengan sekedar khayalan, namun perlu kesungguhan, perlu kerja keras untuk menghadap pada Allah. Maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam memberi petunjuk bagi siapa yang ingin melihat Allah untuk menjaga kedua shalat ini.

Ketiga, bahwa akan ada berbagai macam urusan dunia yang membuat seseorang lalai dari mengerjakan kedua shalat ini. Dan di zaman ini, urusan dunia yang melalaikan itu lebih banyak lagi.

Keempat, akidah yang lurus akan berpengaruh pada amal seseorang. Makin kuat akidah dan keyakinan seseorang dengan melihat Allah di hari kiamat ini, dia akan semakin menjaga amalan ketaatan kepada Allah khususnya dalam kedua shalat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *