Tazkiyah

Sebaik-baik Tabi’in, Uwais

Uwais bin Amir, beliau di Qaran Murad dan Rasulullah di Hijaz Madinah. Tak pernah bertemu Rasulullah namjn Allah berikan petunjuk kepada Nabi bahwa tabiin terbaik adalah dirinya.

Manaqibnya nampak dari perintah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang detailnya tak biasa kepada Umar bin Khattab untuk meminta doa ampunan darinya. Ini juga menunjukkan sifat Amirul Mukminin yang begitu tawadhu’.

Sabda Rasulullah, “إنّ خير التابعين رجل يقال له أويس…”, “sungguh tabi’in terbaik Uwais”. Beliau tak seperti Sa’id bin Al Musayyib yang ahli ilmu, atau semulia Umar bin Abdul Aziz. Namun keikhlasannya dan baktinya kepada ibunya yang membuatnya istimewa.

Uwais bukan orang terkenal, dan ia berusaha untuk menyembunyikan keadaan dirinya. Bahkan sebelumnya sering menjadi bulan-bulanan kaumnya. Maka orang mulia di sisi Allah tidak harus terhormat, dihargai manusia, perkataannya di dengar, atau ilmunya banyak. 

Uwais Al Qarani bahkan mengasingkan diri tatkala khalayak tahu dia orang yang terkabulkan do’anya. Inilah keutamaan ikhlas dan menyembunyikan amalan. Dia sampai mengatakan pada ‘Umar,

أكون فى غبراء الناّس أحب إلىّ

“Aku menjadi orang lemah/fakir, itu lebih aku sukai.”

An-Nawawi berkata, “Ini menunjukan bahwa beliau menyembunyikan ibadahnya, ia sama sekali tak menampakkannya sedikitpun. Ini adalah jalan waliyullah dan orang yang mengenal Rabb mereka”.

Uwais Al Qarani, tabi’in yang patut kita teladani. Mencukupkan diri dengan  penilaian Allah yang berdasar keadaan iman dan taqwa hati, dan tak peduli penilaian manusia biasa yang hanya melihat yang nampak.

Sebagian riwayat tarikh mengatakan Uwais muncul hanya saat dibutuhkan dan beliau syahid di perang Shiffin. Ala kulli hal, beliau benar-benar menjalankan dawuh Nabi dari jalur Sa’ad bin Abi Waqqash,

إنّ الله يحبّ العبد التقى الغني الخفى

“Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertaqwa, yang selalu merasa cukup, dan yang tersembunyi (amalannya)”. (HR. Muslim 2965).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *