Fikih,  Tazkiyah

Menjaga Hati Dengan Ucapan Masyaa Allah

Di antara kesempurnaan Islam adalah terdapat doa dan dzikir dalam setiap keadaan dalam rangka penjagaan Allah kepada kita.

Dan di antara doa dan dzikir itu adalah ucapan “Masyaa Allah” tatkala kita kagum atau takjub terhadap sesuatu, agar kita sadar bahwa semua itu tidak datang kecuali karena Allah. Sebagaimana tertuang dalam suratul Kahf : 39 yang kita baca hampir setiap jumat,

وَلَوۡلَآ إِذۡ دَخَلۡتَ جَنَّتَكَ قُلۡتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِۚ 

إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالٗا وَوَلَدٗا

Mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan, “Māsyā Allāh, lā quwwata illā billāh” (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu. (QS. Al-Kahfi : 39).

Ibnu Katsir menjelaskan,

ولهذا قال بعض السلف: من أعجبه شيء من حاله أو ماله أو ولده،

 فليقل: ما شاء الله لا قوة إلا بالله، وهذا مأخوذ من هذه الآية الكريمة.

Oleh karenanya sebagian ulama salaf mengatakan, “Jika kalian takjub dengan sesuatu, entah itu berupa keadaan, harta atau anaknya, hendaknya mengucapkan, “Masyaallah laa quwwata Illa Billah.” Pesan ini diambil dari ayat di atas.”

Hanya Allah yang patut kita puji tatkala kita takjub. Terlebih pula di dunia medsos, sebisa mungkin kita menjaga hati untuk menjaga hal tak diinginkan, ‘ain misalnya. 

Dalam wabilus shayyib Ibnul Qayyim  menjelaskan tentang dzikir yang diucapkan saat melihat sesuatu yang menakjubkan dan dia khawatir dengan ‘ain. Maka beliau menukil sabda Nabi shalallahu alaihi wasallam,

العين حق، ولو كان شيء سابق القدر لسبقته العين

“Ain itu benar adanya. Andai ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, maka itulah ‘Ain.” (HR. Muslim).

Sebisa mungkin kita saling menjaga hati. Yang memposting menjaga hati, pun yang melihat juga menjaga hati dengan mengembalikan semua kepada Allah, dan selalu ingatkan pula anak kita ucapan ketakjuban ini, “Masyaallah laa quwwata Illa Billah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *