Fikih

Haid Dan Junub, Apakah Harus Mandi Dua Kali?

Jika berkumpul dua keadaan hadats besar pada wanita, yakni junub dan haid. Maka pertama, jumhur pendapat ulama mengatakan dia dianjurkan untuk tetap mandi junub sekalipun masa haidnya masih lama. Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan,

فإن اغتسلت للجنابة في زمن حيضها , صح غسلها , وزال حكم 

الجنابة . نص عليه أحمد , وقال : تزول الجنابة , والحيض 

لا يزول حتىينقطع الدم . قال : ولا أعلم أحدا قال : لا تغتسل . 

إلا عطاء , وقد روي عنه أيضا أنها تغتسل

“Ketika mandi junub di masa haid, sah hukum mandinya, dan hilang status junubnya. Itu yang ditegaskan Imam Ahmad. Beliau mengatakan, “Junubnya hilang, sementara haidnya tidak hilang hingga darah berhenti.” Beliau juga mengatakan, “Saya tidak tahu adanya ulama yang mengatakan, ‘Jangan mandi’ kecuali Atha’, dan terdapat riwayat dari beliau bahwa beliau juga mengajarkan untuk mandi”.

Kedua, ketika dalam keadaan junub dan masa haid, kemudian bertepatan dengan berhentinya darah haid, maka tidak harus mandi dua kali. Ibnu  Qudamah mengatakan,

إذا كان على الحائض جنابة، فليس عليها أن تغتسل حتى 

ينقطع حيضها، نص عليه أحمد وهو قول إسحاق، وذلك لأن الغسل 

لا يفيد شيئاًمن الأحكام

“Jika wanita haid junub, dia tak wajib mandi sampai haidnya berhenti. Demikian yang ditegaskan Imam Ahmad, dan ini juga pendapat Ishaq bin Rahuyah. Karena mandi ketika haid sama sekali tidak memberikan pengaruh hukum”.

Imam as-Syafi’i dalam al-Umm berkata,

إذا أصابت المرأة جنابة ثم حاضت قبل أن تغتسل من الجنابة لم 

يكن عليها غسل الجنابة وهي حائض، لأنها إنما تغتسل 

فتطهر بالغسلوهي لا تطهر بالغسل من الجنابة وهي حائض، فإذا 

ذهب الحيض عنها أجزأها غسل واحد

“Ketika wanita junub, lalu mengalami haid sebelum mandi junub, dia tidak wajib untuk mandi junub selama masa haid. Karena fungsi mandi untuk mensucikan, sementara dia tidak bisa suci dengan mandi junub karena dalam kondisi haid. Maka ketika haidnya telah selesai, dia boleh mandi sekali saja”.

Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *